title

Omzet dan profit adalah dua hal yang berbeda, tapi masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan keduanya. Omzet dan profit erat kaitannya dengan para pengusaha. Sebab, omzet dan profit menjadi tolak ukur keberhasilan suatu bisnis. Tujuan utama pebisnis tentu untuk memperoleh omzet dan profit sebanyak-banyaknya. Lantas, apa yang dimaksud dengan omzet dan profit?Berikut pengertiannya

Apa Perbedaan profit dan omzet?

Apa itu profit? Menurut Kamus Besar Bahasa Indnesia, arti profit adalah untung, keuntungan, atau manfaat. Dalam istilah lainnya, profit juga kerap disebut sebagai laba.

Apa itu omzet? Omset atau omzet adalah nilai keseluruhan dari hasil penjualan produk dalam jangka waktu tertentu (misalnya per hari atau per bulan). Nilainya dihitung dari seluruh proses operasional bisnis termasuk diskon serta barang-barang yang di-refund atau dikembalikan oleh konsumen.Dalam penggunaan yang lebih umum, omset penjualan sering disebut sebagai laba kotor, bruto atau revenue. Omset yang dimiliki sebuah perusahaan biasanya menjadi acuan untuk menilai apakah perusahaan tersebut termasuk bisnis skala kecil, menengah atau besar.

Dapat diketahui perbedaan profit dan omzet adalah terletak pada cara perhitungannya. Omzet dihitung dengan menjumlahkan semua pendapatan, sedangkan profit dihitung semua pendapatan dikurang harga pokok penjualan atau harga pokok produksi (HPP). HPP adalah jumlah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan produk atau jasa. Dengan demikian, jika seorang pebisnis mengatakan omzetnya, berarti tidak bisa dikatakan sama dengan profitnya. Pasalnya, omzet adalah laba kotor dan profit adalah laba bersih.

Ingin buat webite? jangan sungkan hubungi Seven Light.

Wa : 081234514325

Semoga bermanfaat!

share this article :  

( 0 ) comments

Leave A Reply