Lebih penting mana antara selling dan branding
Tujuan dari sebuah bisnis tentu adalah mendapatkan profit agar dapat berkembang dan survive. Untuk dapat mencapai kedua hal tersebut, diperlukan strategi marketing yang baik dan tepat sasaran sehingga sales goals tercapai. Namun tidak dapat dipungkiri juga, branding adalah titik utama yang tidak boleh luput setelah marketing. Namun, yang masih jadi perbincangan, mana yang lebih penting antara Selling vs Branding?
Selling
Tahap setelah marketing adalah proses selling. Ialah yang membuat customer yang sudah tertarik berakhir pada pembelian.
Artinya goal dari selling adalah terjadinya closing. Teknik-teknik selling pun bisa bermacam-macam, ada yang disebut cover selling (teknik menjual yang seakan-akan tidak menjual), soft selling, ataupun hypnoselling.
Selling juga seringkali ditugaskan kepada customer service. Itulah kenapa ada pelatihan service excellent ataupun CS Ninja yang diselenggarakan oleh Billionaire Coach.
Tujuannya tentu untuk membuat para CS handal dalam melayani customer.
Branding
Branding adalah bagian selanjutnya dari penjualan. Ia bertujuan untuk mengaktivasi benak market agar loyal menjadi customer.
Apa itu customer? Customer adalah pelanggan. Yang namanya pelanggan artinya dia sudah berlangganan yang artinya ia membeli tidak hanya sekali.
Tahap untuk menjadi customer diawali dari menjadi buyer. Mengubah buyer menjadi customer inilah tugas para brand maker.
Bagaimana caranya market selalu mengasosiasikan kebutuhan untuk membeli produk selalu ke brand Anda. Misal, kalau mau beli air minum maka brand yang dipilih adalah aqua. Kalau mau jasa digital marketing brandnya ke Octaseed.
Mau belajar ekonomi islam, brand yang dipilih adalah Maslahah Academy. Mau beli produk ayam potong, brand yang dipilih adalah potong ayam.
Kebayang kan, ya? Nah, jika brand Anda sudah kuat maka market akan loyal kepada Anda sehingga repeat order akan tinggi. Alhasil omset Anda akan terus meningkat.
Perbedaan marketing,branding dan selling juga dibahas oleh pakar selling yaitu Dewa Eka Prayoga pada video berikut ini.
Kesimpulan Selling vs Branding
Selling befokus pada pendapatan dari nilai jual barang tetapi branding mengutamakan nilai berdasarkan experience konsumen sehingga mampu membuat konsumen loyal.
Kekuatan branding memang tidak perlu diragukan lagi, tidak semua produk yang dipasarkan memiliki brand namun hal inilah yang menjadi tantangan dan harus terus perlu dipelajari sehingga konsumen bisa dengan yakin dan menjadi konsumen loyal bahkan menjadi supporter dari brand tersebut.
Sumber: topbrand-award.com
Ingin Membuat Website? Jangan Sungkan Hubungi Sevenlight saja
Wa: 0812-3451-4325
Terimakasih.