Apasih Pentingnya Melakukan Promosi Produk?
Apa itu Promosi?
Dalam bisnis, promosi adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk menginformasikan serta mempengaruhi target konsumen untuk akhirnya membeli produk. Promosi penting untuk dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang ditawarkan.
Secara sederhana, promosi dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan untuk mendorong kemajuan atau peningkatan sebuah hal, entah itu produk, brand, perusahaan, dan sebagainya.
Kegiatan promosi sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara online maupun offline. Untuk via online atau digital, beberapa contoh cara promosi dapat dilakukan dengan cara beriklan di media sosial, sementara beberapa contoh promosi offline yaitu beriklan di TV, radio, billboard, media cetak, dan sebagainya. Bukan hanya beriklan, bentuk promosi juga bisa dilakukan berupa pemberian diskon atau kupon untuk produk tertentu.
Pentingnya Promosi
Nah, setelah Sobat memahami apa itu promosi, yuk pahami pentingnya promosi secara lebih detail pada listicle berikut!
1. Memberi informasi lebih lengkap tentang produk
Saat Sobat melakukan promosi dalam bisnis, Sobat pastinya berusaha memberikan informasi detail yang menarik tentang produk yang tengah dipromosikan. Biasanya informasi yang disajikan berupa manfaat produk, komposi (jika produk tersebut adalah bahan makanan atau kosmetik), kelebihan produk dibanding kompetitor, harga, dan sebagainya.
Penyajian informasi ini tentu saja tidak hanya bisa disampaikan lewat pesan teks, tetapi bisa secara langsung (tatap muka) atau lewat media visual, audio, dan audiovisual seperti gambar atau video.
2. Promosi Penting untuk Membangun Merek
Alasan penting selanjutnya adalah promosi berperan penting untuk membangun merek. Ketika konsumen sudah mengenal produk Anda (brand awareness tinggi), langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menciptakan kesan merek positif (brand image). Merek tidak cukup hanya terkenal, merek tersebut harus dibangun menjadi merek yang memiliki citra positif yang kuat. Salah satu cara untuk membangun merek yang memiliki citra positif ialah fokus pada kualitas dan layanan yang baik.
3. Promosi Bertujuan Untuk Meciptakan Loyalitas Konsumen
Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen menjadi sangat penting agar konsumen tidak beralih ke pesaing. Pebisnis bisa melakukan berbagai langkah untuk membangun loyalitas konsumen, seperti diadakannya program promosi berhadiah, point reward, memberikan harga khusus saat moment tertentu, paket bonus produk, dan lain sebagainya.
4. Sarana untuk Edukasi Konsumen
Promosi berperan untuk menyampaikan suatu pesan kepada target konsumen Anda. Promosi juga bisa menjadi sarana edukasi konsumen tentang manfaat produk Anda. Sebagai produk yang relatif baru atau belum terkenal, Anda sebagai pemilik produk wajib untuk mengedukasi konsumen tentang kegunaan produk, cara pakai produk, dan berbagai hal yang berhubungan dengan produk. Hal ini menjadi alasan penting mengapa promosi wajib untuk dilakukan.
Sebuah promosi tidak akan lengkap bila bisnis Anda tidak punya rumah. Seperti yang Anda tahu, rumah untuk bisnis Anda adalah sebuah toko atau kios. Namun, lain halnya dalam dunia online, rumah untuk bisnis Anda adalah website. Memiliki website menjadi suatu kebutuhan wajib untuk sebuah bisnis karena selain dapat memudahkan transaksi pembelian untuk konsumen, dengan website Anda juga bisa melakukan promosi tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.
Bagi Anda yang belum memiliki website atau toko online untuk bisnis Anda, Anda bisa membuatnya dengan menghubungi Seven Light Sekarang. Membuat website dengan mudah dan murah bukan lagi hambatan untuk bisnis Anda.
Ingin buat website? jangan sungkan hubungi Seven Light
Sumber : webpraktis.com
Wa : 081234514325