PT. Tujuh Cahaya Teknologi

Apa itu web application?

Di zaman yang semakin modern ini memang menuntut seseorang untuk memiliki wawasan luas tentang perkembangan teknologi yang tentunya semakin pesat dari waktu ke waktu mulai dari bidang transportasi, informasi maupun komunikasi. 

Disini terdapat dua peran yaitu pengguna internet dan pembuat aplikasi internet atau web aplikasi. Bagi para pengguna internet tidak dituntut untuk memahami keseluruhan bagaimana suatu halaman web dapat dibuat. Mereka hanya memanfaatkan web yang tersedia untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Berbeda halnya dengan pembuatan web yang harus memiliki kemampuan dan memahami dasar-dasar dan keseluruhan cara bagaimana aplikasi web bisa dibuat, bahasa pemrograman apa yang akan digunakan, serta bagaimana menyusun suatu program untuk membuat aplikasi tersebut sehingga menjadi sebuah halaman web yang bagus dan sesuai dengan yang diharapkan.

PENGERTIAN APLIKASI

Web aplikasi (Web Application) merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui web dengan menggunakan jaringan internet atau intranet. Mari kita bahas lebih lengkap tentang aplikasi web dan cara membuatnya.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, pengertian dari website itu sendiri adalah halaman situs yang berisi informasi dan dapat diakses oleh banyak orang. Kemunculan website didasari atas perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dari perkembangan teknologi informasi, maka terciptalah suatu jaringan antar komputer yang saling berkaitan satu sama lainnya. Jaringan yang disebut internet ini digunakan secara terus menerus dan berkembang menjadi pesan elektronik meliputi email, transmisi file serta komunikasi lain secara dua arah antar individu atau komputer.

Web aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa pemrograman yang mendukung perangkat lunak berbasis web seperti HTML, CSS, JavaScript, Ruby, Python, Php, Java serta bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa Pemrograman HTML (Hypertext Markup Language) yakni bahasa standar yang digunakan untuk membangun aplikasi web. Sebuah aplikasi web akan selalu ada struktur HTML di dalamnya. Oleh karena itu HTML adalah bahasa pemrograman yang sangat wajib untuk dikuasai.

Kemudian bahasa pemrograman lain yaitu Java Script yang fungsinya untuk mengolah halaman web untuk menangani aksi-aksi dari user, dan animasi yang dijalankan di sisi mesin client. Javascript juga salah satu bahasa pemrograman aplikasi web yang harus dikuasai.

Sedangkan CSS atau Cascading Style Sheet merupakan bahasa desain web (style sheet language) yang memiliki fungsi untuk mengatur tata letak dari halaman web, pewarnaan serta memperindah halaman web. CSS juga wajib dikuasai untuk pengembangan aplikasi web.

KEGUNAAN APLIKASI

Web aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan dan manfaat yang berbeda-beda. Banyak dari perusahaan-perusahaan berkembang yang menggunakan aplikasi berbasis web untuk mengelola data dan informasi dalam merencanakan sumber daya perusahaan mereka. 

Pada perusahaan ritel atau pun pergudangan, aplikasi ini digunakan untuk mengolah data persediaan barang dan tentunya sangat memudahkan bagi perusahaan yang memanfaatkan aplikasi tersebut.

Contoh lainnya seperti untuk divisi HRD, aplikasi web digunakan untuk mengolah data para karyawan perusahaan. Berbeda pula dengan dinas-dinas pemerintahan yang menggunakan aplikasi ini untuk berbagai macam keperluan sistem manajemen kepegawaian, pengelolaan arsip, sistem e-file, pengelolaan data surat dan lain-lain.

Pengimplementasian aplikasi berbasis web ini sepertinya tidak ada batasan, karena memang saat ini banyak sekali platform yang telah menyediakan jasa pembuatan aplikasi tersebut.

KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN WEB APLIKASI

Selain memiliki banyak kegunaan di berbagai perusahaan dan dinas, keunggulan kompetitif dari aplikasi berbasis web adalah akselerasinya yang sangat ringan, sedikit sumber data, serta dapat diakses secara cepat melalui browser pada koneksi internet ke server.

Keunggulan Web Aplikasi

Mudah untuk diakses dan dikembangkan. Anda dapat menggunakan aplikasi web yang dapat diakses menggunakan berbagai macam devices dan sistem operasi serta dapat diakses melalui banyak media seperti komputer, laptop ataupun smartphone.

Bahasa pemrograman nya pun sudah dikuasai oleh sebagian besar web developer sehingga mudah untuk dikembangkan. Jika Anda ingin memberikan informasi kepada pengguna lain, maka Anda hanya perlu memberikan pembaharuan pada server. Dengan begitu, setiap pengguna akan mudah mendapatkan informasi yang ingin Anda berikan kapan saja karena informasi pun mudah untuk didistribusikan.

Keunggulan lain dari aplikasi ini tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi untuk melakukan dan menggunakannya dan tidak juga memerlukan lisensi atau izin ketika menggunakan aplikasi berbasis web dikarenakan lisensi sudah menjadi sebuah tanggung jawab dari penyedia layanan aplikasi.

Aplikasi ini juga memiliki fleksibilitas yang mana dapat menyesuaikan pada berbagai devices dan sistem operasi. Misalnya jika Anda mengakses menggunakan laptop yang memiliki layar cukup lebar dengan kekuatan lebih besar, maka aplikasi ini dapat menyesuaikan tampilan serta performanya pada perangkat tersebut.

Setup server pada aplikasi berbasis web ini juga cukup mudah. Pembaharuan suatu kode pemrograman hanya dilakukan untuk satu server saja. Jika beban yang diberikan besar, maka Anda tak perlu memperbesar lagi perangkat yang akan mengakses aplikasi web Anda. Anda cukup meningkatkan kemampuan server, maka hal tersebut sudah bisa terselesaikan secara mudah.

Kekurangan Web Aplikasi

Untuk menggunakan aplikasi tersebut harus dibutuhkan jaringan atau koneksi internet, aplikasi ini juga membutuhkan keamanan yang tinggi dikarenakan dijalankan secara terpusat, sehingga jika sistem server mengalami down maka sistem aplikasi di sisi client tidak akan beroperasi secara normal.

Sumber : markey.id

Ingin Membuat Website? Jangan Sungkan Hubungi Sevenlight

Wa: 0812-3451-4325

Semoga bermanfaat.